Perdagangan valuta asing dan pengaruhnya

peluang bisnis online 2013 289x300 Perdagangan valuta asing dan pengaruhnyaPerdagangan valuta asing dan pengaruhnya - terhadap suatu negara sangat terasa sekali di pada saat George Soros pada tahun 1997 sempat melumpuhkan perekonomian dunia yang mengakibatkan krisis moneter secara global.

Menteri Keuangan Indonesia mendorong pihak Bank Indonesia untuk segera bertemu Otoritas Moneter Singapura. Pertemuan tersebut bisa menjadi tindak lanjut mekanisme penetapan atas nilai tukar rupiah yang melemah di pasar luar negeri yang diperdagangkan di bursa Singapura. Non delivery forward itu adalah salah satu mekanisme di pasar luar negeri yang membuat tekanan pada nilai tukar rupiah di Indonesia sehingga berdampak melemahnya nilai tukar rupiah.

Pihak Bank Indonesia selaku lembaga keuangan yang berwenang tak bisa menyebutkan mekanisme tersebut sebagai akibat yang bisa merugikan negara. Sebab, Indonesia sendiri menganut sistem devisa bebas.
Sistem yang berlaku di pasar, tentu tak bisa mempengaruhi karena terjadi di luar negeri. Namun, Indonesia sebenarnya bisa meminta agar rupiah tidak diperdagangkan di luar negeri kepada pihak Broker Singpura. Hal tersebut karena berdasarkan permintaan yang sama seperti negara negara lainnya yang tidak mengizinkan mata uangnya diperdagangkan di luar negeri.

Perbankan Singapura menemukan bukti berdasarkan hasil peninjauan internal bahwa telah terjadi persekongkolan untuk memanipulasi nilai tukar di pasar valuta asing. Penyelidik menemukan bukti yang menunjukkan adanya pedagang valuta asing dari beberapa bank berkomunikasi satu sama lain melalui pesan elektronik tentang berapa nilai tukar yang akan mereka ajukan kepada asosiasi perbankan untuk non-delivery foreign exchage forward (NDFs) atau transaksi devisa non-delivery forward guna mengambil keuntungan dalam transaksi perdagangan mereka.

Penemuan ini memperlebar skandal suku bunga global ke pasar baru, seperti yang terjadi pada kasus Libor (manipulasi tingkat bunga antar bank) menempatkan bank di bawah pengawasan ketat dan berpacu diantara regulasi dan institusi untuk mempertimbangkan kembali bagaimana penetapan tingkat bunga dan kurs mata uang.
Libor adalah singkatan dari London inter-bank offered rate (suku bunga pinjaman antarbank). Ada sekitar 16 bank besar asal Eropa, Kanada, Amerika Serikat dan Jepang yang terlibat dalam penentuan Libor. Bank-bank itu telah menginformasikan suku bunga Libor secara tidak benar dan mematok angka Libor seenaknya.
Suku bunga Libor menjadi acuan dalam suku bunga global.

Gubernur Bank Indonesia menetapkan suku bunga acuan tetap di level 5,75 persen. Tingkat suku bunga tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 3,5 hingga 5,5 persen untuk nilai mata uang Rupiah. Dan kalau itu sudah mengganggu inflasi dan mengalami depresiasi berlebihan dan berkepanjangan pemerintah Indonesia dalam hal Bank  Indonesia akan bisa bereaksi kepada interest policy. Bank Indonesia akan menggunakan kebijakan suku bunga jika depresiasi nilai tukar rupiah terlalu dalam sehingga mengganggu inflasi.

Adapun nilai tukar rupiah tercatat melemah cukup pada awal tahun 2013 ini dan menurut data kurs tengah BI sepekan ini rupiah bergerak di atas Rp 9.700 per dolar AS. Dibuka di level Rp 9.738 pada Senin 2 pekan lalu, rupiah bertengger di level Rp 9.740 per dolar AS selama dua hari pada Selasa dan Rabu, sebelum menguat sedikit ke level Rp 9.715 per dolar AS pada perdagangan hari itu. Dan hingga hari ini, BI belum melihat dampak depresiasi rupiah pada inflasi.

Adapun dari segi supply demand valas, terganggu lantaran transaksi ekspor-impor masih defisit, namun hal tersebut masih bisa tertutup oleh surplus pada transaksi modal dan finansial. Dan sejauh ini pihak BI tetap mengintervensi rupiah di pasar untuk menjaga agar tetap stabil.
Pelemahan rupiah belakangan ini tak cukup nyaman untuk BI sebagai lembaga keuangan terbesar Indonesia. Dan cadangan devisa masih cukup untuk BI melakukan intervensi. Hingga akhir Desember 2012, cadangan devisa mencapai US$ 112,78 miliar atau setara dengan 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Nilai tukar rupiah ke depan masih mendapat tantangan dari segi eksternal yakni kebijakan ekonomi negara Amerika Serikat.
“Fiskal Cliff” memang sudah lewat tapi bentuk implementasinya seperti pihak BI belum tahu. Perombakan kabinet AS juga masih ditunggu pasar yang bisa merubah kebijakan pasar modal tentunya dipasar perdaganag mata uang dunia dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap mata uang Rupiah dan ketidakpastian itu mungkin akan memberi dampak terhadap pelemahan nilai tukar Rupiah sendiri terhadap mata ang asing yang diperdagangkan.

Jika sentimen negatif terhadap ekonomi AS memudar pihak BI pun yakin nilai tukar Rupiah tidak akan melonjak seperti beberapa waktu belakangan ini. Dan pihak BI hingga kini monitor terus perkembangannya karena pergantian dan serta menungggu kebijakan dari menetri Keuangan Amerika yang baru.

Perdagangan valuta asing dan pengaruhnya terhadap suatu negara akibat yang ditimbulkan oleh segelintir orang atau perusahaan sangat terasa sekali di saat George Soros pada tahun 1997 sempat melumpuhkan perekonomian dunia yang mengakibatkan krisis moneter secara global dan hal tersebut sangat membuat riskan sebagai negara berkembang pihak ketiga maka dalam hal ini tercetuslah ide sederhana dari seorang ekonom asal Rusia dimana keuangan seharusnya secara global  dikendaliakn oleh semua orang didunia bersama sama dengan cara sederhana pula dan hal tersebut agar jangan sampai mengalami kiamat keuangan terjadi lagi, maka dibuatlah sistem MMM untuk ketahanan moneter dunia dari ancaman krisis moneter yang dilancarkan oleh pihak pihak tertentu yang dengan sengaja meruntuhkan keuangan global di negara negara lain dengan cara menjual mata uang negara lain seenaknya. Tapi dengan sistem mavro yang dikembangkan oleh bisnis MMM ini jauh dari sistem perbankan fundamental tapi sebaliknya sistem mavro ini sangat membantu mempertahankan kurs mata uang yang berkembang di negar negara yang menjadi anggota Mavro itu sendiri. Sehingga sangat menguntungkan bagi member yang tergabung di komunitas Mavro Indonesia ini.  Selenkapnya Apa itu Mavro MMM Indonesia dan cara kerja serta sistem yang digunakan oleh komunitas keuangan terbesar didunia dengan 35 juta lebih anggota yang tersebar di seluruh dunia ini, silahkan kunjungi dan fahami cara daftar di mavro indonesia.

Demikina hasil review terhadap perdagangan valuta asing dan pengaruhnya terhadap suatu negara dalam menyikapi perkembangan ekonomi global ini.